top of page
  • Gambar penuliskamukerja

Growth Mindset : Pola Pikir untuk terus bertumbuh!






Salah satu kunci untuk meraih kesuksesan saat ini adalah memiliki growth mindset, yakni pola pikir untuk senantiasa berkembang. Berkembang ini termasuk mau belajar, menerima saran dan kritik secara terbuka dengan tujuan untuk berkembang menjadi lebih baik lagi serta beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Karena satu-satunya yang pasti di dunia ini adalah perubahan. Baik untuk kamu sebagai karyawan kantoran, pebisnis maupun freelancer seperti virtual assistant dan profesi lainnya.


Apa itu Growth Mindset

Carol Dweck merupakan orang yang pertama kali memperkenalkan dua istilah pola pikir yaitu growth mindset dan fixed mindset lewat bukunya yang berjudul Mindset : The New Psychology of Success. Menurutnya, growth mindset adalah salah satu kunci untuk mendapatkan suatu kesuksesan. Individu yang memiliki growth mindset adalah mereka yang akan selalu percaya bahwa bakat yang dimilikinya selalu dapat dikembangkan.


Pengembangan bakat tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan kerja cerdas, uji coba berbagai strategi saat bekerja serta terbuka terhadap masukan serta saran dari orang lain.


Salah satu hal menarik dari pemilik growth mindset adalah mereka tidak akan takut gagal. Bahkan, kegagalan sering disebut sebagai hambatan menuju kesuksesan yang harus ditaklukan. Hal itu sangat berbeda dengan pemilik fixed mindset yang lebih mengandalkan pada bakat untuk meraih kesuksesan.


Manfaat Growth Mindset

Selain bisa membantu meraih kesuksesan, memiliki growth mindset juga memiliki manfaat lainnya yakni :


1. Tingkatkan kepercayaan diri

Dengan memiliki growth mindset, kita akan tidak lagi insecure dengan kelemahan yang kita miliki karena pemikiran terbuka menjadikan kita bersemangat untuk melakukan perubahan atas kelemahan yang kita miliki.


2. Terbuka terhadap ilmu/ skill baru

Tidak ada manusia yang memiliki semua skill sekaligus, namun dengan memiliki growth mindset menjadikan kita lebih terbuka untuk belajar sesuatu yang baru bahkan tidak pernah merasa puas dengan ilmu yang dimilikinya sehingga menjadikannya terus belajar hal baru, seperti belajar digital marketing yang bisa diikuti oleh semua usia.


3. Siap menerima tantangan

Dimanapun, kita pasti akan menemukan tantangan baru. Dengan memiliki growth mindset menjadikan kita selalu siap menerima tantangan baru.


4. Mendatangkan kesempatan baru

Manfaat growth mindset selanjutnya adalah kemudahan untuk mendapat kesempatan baru. Seiring kamu memperbaiki diri secara terus-menerus, opportunity akan datang dengan sendirinya.


5. Terbuka terhadap feedback

Feedback adalah hal yang sangat berguna untuk membantu kamu belajar dari kesalahan. Terkadang, kita tidak menyadari kekurangan atau bahkan kelebihan kita sendiri.

Artinya, kalau kamu memiliki growth mindset, kamu akan melihat feedback sebagai kesempatan untuk belajar. Bukan untuk menyerang atau mengungkit kesalahanmu.







Pentingnya Growth Mindset untuk Kamu Kerja

Sejatinya, growth mindset merupakan keyakinan bahwa kemampuan dapat berkembang melalui upaya, latihan, dan pembelajaran terus-menerus. Di lingkungan kerja, growth mindset memiliki relevansi yang sangat besar, antara lain :


1. Inovasi dan Kreativitas

Dalam lingkungan kerja dengan memiliki growth mindset, kita akan didorong untuk berpikir di luar kotak, mencoba pendekatan baru, dan mengatasi hambatan. Selain itu, kita akan melihat kesalahan sebagai bagian dari proses pembelajaran dan mencari solusi inovatif. Hal ini mendorong terciptanya budaya inovasi dan kreativitas di tempat kerja.


2. Pengembangan Keterampilan

Dengan growth mindset, kita dapat mengembangkan keterampilan mereka melalui upaya dan pelatihan yang tepat. Ini menciptakan dorongan untuk belajar, mengikuti pelatihan, dan mengasah keterampilan yang diperlukan untuk sukses.


3. Produktivitas dan Kinerja

Growth mindset akan membuat kita lebih termotivasi dan berdedikasi dalam mencapai tujuan. Kita akan melihat tantangan sebagai peluang untuk tumbuh dan mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi. Dengan perkembangan itu, kita akan cenderung lebih produktif dan mencapai hasil yang lebih baik.


4. Tahan Banting

Dengan growth mindset, kita mengembangkan ketahanan terhadap kegagalan dan hambatan. Tidak mudah menyerah atau terpengaruh oleh kegagalan, tetapi tetap gigih dalam menghadapi tantangan. Kemampuan ini menjadi sangat penting dalam mengatasi perubahan, ketidakpastian, dan tekanan di tempat kerja.


5. Budaya Kolaboratif

Growth mindset mendorong kerja tim dan kolaborasi karena mindset ini akan membuat kita melihat rekan kerja sebagai sumber pembelajaran dan sarana bertukar ide. Kita akan lebih mudah bekerjasama dan saling mendukung dalam mencapai tujuan bersama serta mendorong pengembangan satu sama lain.


Growth mindset tidak serta merta bisa kita miliki, butuh proses yang tidak mudah untuk menanamkannya dalam pikiran kita. Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang tidak bisa kita pelajari. Oleh karena itu, jika merasa butuh perkembangan diri serta pengembangan karir yang lebih baik lagi mari mulai tanamkan growth mindset dalam diri kita. Ada banyak cara untuk mulai menumbuhkan growth mindset dalam diri, mulai dari pelatihan, video learning hingga asesmen yang bisa kita lakukan sendiri secara online. Intinya, mari kita ubah pola pikir yang selama ini membatasi diri kita dengan mulai menanamkan growth mindset.


37 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page