top of page
  • Gambar penuliskamukerja

Cara Mudah Menentukan Niche Market untuk Bisnis, Pemula Wajib Tahu!



Tidak bisa dipungkiri persaingan bisnis baik online maupun offline kian hari semakin ketat. Hal tersebut mungkin membuatmu kesulitan dalam menentukan bisnis yang ingin dijalankan. Ide bisnis sebenarnya sudah ada banyak, tapi seolah semua ide tersebut sudah digunakan oleh para pebisnis yang lain. Tenang, tidak perlu cemas. ada cara mudah yang dapat dilakukan untuk menentukan niche market yang tepat untuk bisnis. Bagaimana caranya? Yuk simak.


Apa Itu Niche Market?

Niche market atau sering disebut niche pasar merupakan salah satu bagian penting dari strategi marketing. Kamu perlu menentukannya di awal sebelum memulai sebuah bisnis. Adapun yang dimaksud dengan niche market yaitu target dan konsumen yang lebih spesifik. Tujuan menentukan niche market adalah supaya bisnis dapat menjaring sekelompok konsumen yang benar-benar memiliki ketertarikan pada produk.


Dengan begitu, maka peluang terjualnya produk menjadi lebih tinggi. Kenapa? Karena produk atau layanan pada akhirnya tidak akan bisa dijual ke semua orang. Sebagai contoh dalam industri pakaian, kamu bisa menemukan ada bisnis yang menargetkan pakaian untuk anak-anak dan ada pula yang menargetkan pakaian untuk orang dewasa.


Spesifikasi antara kedua niche market tersebut berbeda, baik pada usia, gender, harga, dan lain sebagainya. Itulah kenapa menentukan niche market menjadi sangat penting. Akan lebih baik lagi apabila kamu bisa menemukan niche yang tidak dikuasai oleh pebisnis lain. Sehingga persaingan bisnis yang perlu kamu hadapi menjadi lebih kecil.


Manfaat Niche Market untuk Bisnis

Ada sejumlah manfaat yang bisa kamu rasakan apabila sudah menentukan niche market dengan matang untuk bisnis. Pertama, bisnis yang kamu jalankan akan lebih mudah dikenali oleh konsumen. Itu karena bisnis menargetkan konsumen tertentu saja dan jumlah kompetitor atau pesaing mu juga lebih sedikit.


Dengan begitu, orang-orang bisa lebih mudah mengenali produk. Bahkan pelanggan setia bisa merekomendasikan produk dan secara tidak langsung menyebar luaskan nama bisnismu di platform social media yang mereka miliki. Alhasil peluang pendapatan pun menjadi lebih tinggi.


Dan menyenangkannya lagi, pemasaran akan lebih mudah dilakukan. Karena setelah menentukan niche market, itu berarti kamu sudah mengetahui target pasar secara spesifik. Sehingga fokus kamu tinggal bagaimana menerapkan komunikasi yang efektif kepada para pelanggan tersebut. Tidak perlu lagi memikirkan strategi pemasaran yang terlalu luas dan membingungkan.





Cara Menentukan Niche Pasar

Lantas, bagaimana cara menentukan niche pasar yang tepat untuk bisnis? Ini bisa dibilang gampang-gampang susah, karena bagaimanapun sekarang persaingan bisnis sudah semakin ketat. Banyaknya media sebagai tempat berjualan secara online, membuat masyarakat semakin bersemangat menjadi wirausaha.


Meski begitu, bukan hal yang mustahil untuk menentukan niche pasar yang unik dan berbeda dari kebanyakan bisnis lainnya. Agar kamu bisa menemukan niche yang pas, maka kamu perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Cari tahu apa yang sedang trend dan apa yang sedang dibutuhkan oleh pelanggan saat ini.


Setelah menemukannya, jangan langsung mulai berbisnis dengan mengikuti trend saja. Tapi kamu juga perlu mencari tahu minat yang dimiliki. Karena apa yang dijalankan sesuai minat pastinya akan lebih menyenangkan, sehingga kamu akan memiliki motivasi yang lebih besar dalam menjalankan bisnis.


Contoh, kamu merupakan orang yang suka dengan binatang. Maka bisa menjadi ide yang bagus untuk menargetkan para pemilik hewan peliharaan sebagai niche market dalam bisnis. Kamu bisa menawarkan produk seputar makanan dan treat, aksesoris seperti kalung hewan peliharaan, pakaian lucu, dan lain sebagainya.


Namun karena bisnis seperti itu mungkin sudah cukup banyak, jangan lupa untuk menonjolkan keunikan pada bisnis. Dengan memanfaatkan kreativitas untuk menciptakan produk, layanan, dan konten yang belum banyak dimiliki oleh pesaing. Misal di daerahmu sudah banyak pet shop, tapi tidak ada yang menerima penitipan hewan.


Maka kamu bisa berkreasi dengan mengkombinasikan pet shop yang menawarkan berbagai perlengkapan untuk hewan peliharaan, dengan pet hotel yang menerima penitipan hewan. Ide-ide kreatif seperti itu akan kamu temukan saat melakukan riset pasar. Seperti contoh pet hotel tadi, yang mana jika kamu lihat di pasaran sekarang kian diminati saat hewan peliharaan harus ditinggal kerja keluar kota oleh pemiliknya, atau saat musim mudik dan liburan tiba.



Contoh Niche Pasar

Supaya lebih mudah menentukan niche pasar untuk bisnis, kamu bisa melihat beberapa contoh sebagai inspirasi. Karena akan semakin baik apabila kamu mampu menentukan niche yang semakin spesifik. Contohnya bisnis di bidang fashion yang memiliki scope sangat luas.


Kamu bisa mulai merencanakan pakaian seperti apa yang ingin dijual untuk menentukan targetnya dengan lebih jelas. Misal kamu ingin menjual kaos untuk pria, maka dari sini bisa ditentukan lebih jauh spesifikasi produk yang hendak dijual. Seperti desainnya, bahan yang digunakan, dan harga.


Contoh lainnya di bidang teknologi, kamu bisa menjual HP hingga laptop maupun PC. Misal kamu memilih menjual HP, maka target pasar bisa lebih dikerucutkan kembali dengan menjual HP entry level yang dapat dijangkau oleh hampir semua orang.


Bagaimana, sudah terpikirkan ingin menentukan niche market seperti apa untuk bisnismu? Sebenarnya menentukan niche pasar ini tidak sesulit yang dibayangkan. Kamu bisa memanfaatkan tren yang ada, kombinasikan dengan minat, dan beri sentuhan konten yang unik sebagai pembeda dari kompetitor dan jangan lupa untuk memasarkannya secara online. Selamat mencoba!


17 tampilan0 komentar

コメント


bottom of page