top of page
  • Gambar penuliskamukerja

Kamu Tertarik dengan Marketing Online? Ini Kelebihan dan Tips Mudahnya!

Diperbarui: 3 Nov 2023


Saat kamu membuka sosial media, maka kamu pasti akan banyak menemukan iklan dari banyak produk. Nah, tahukah kamu, kalau promosi di sosial media itu termasuk marketing online? Ya, benar. Marketing online atau pemasaran online agaknya mulai merajalela setelah naiknya tingkat penggunaan sosial media di kalangan masyarakat. Yuk, lihat apa kelebihan dan tips marketing online untuk pemula berikut ini!


Apa Itu Marketing Online?

Marketing online dan pemasaran online itu sama. Yang mana istilah tersebut merujuk pada pemanfaatan media online yang berbasis internet, seperti sosial media, untuk mempromosikan barang atau jasa. Langkah promosi ini semakin dilirik seiring dengan tren penggunaan media sosial yang semakin naik.


Akibatnya, semakin banyak orang yang kemudian lebih memilih untuk membuka sosial media lebih lama. Selain bisa berinteraksi di dunia maya, mereka juga bisa menjelajahi banyak produk lewat marketing online yang kian marak. Kamu pasti juga lebih suka melihat promosi di media sosial, bukan? Hal ini pula yang menjadikan marketing online menjadi hal krusial saat ini.


Kelebihan Marketing Online untuk Bisnis


1. Skala Promosi yang Lebih Luas

Kalau kamu perhatikan, sosial media seperti dunia yang tidak ada batasnya. Katakanlah kamu menaruh produk di platform tersebut, kamu melakukan promosi dengan menarik, maka bukan tidak mungkin orang-orang akan tahu eksistensi produkmu. Mereka akan tertarik, dan akhirnya membeli. Konsep tersebut bisa dijadikan acuan dasar menerapkan teknik marketing online untuk pemula.


Hal yang menarik di sini adalah jangkauan dari sosial media itu sendiri. Karena memang seperti tidak ada batasnya, kamu bisa menjangkau lebih banyak orang dalam strategi marketing online yang kamu lakukan. Dengan begitu, lebih banyak orang pula yang akan merasakan branding produk milikmu. Sangat menarik, bukan?


2. Menekan Budget Biaya Marketing

Ketika kita berbicara tentang marketing di masa-masa sebelumnya, kebanyakan produk melakukan promosi secara offline. Contohnya seperti memasang selebaran, poster, dan promosi berbasis cetak lainnya. Belum lagi biaya jasa memasang dan lain-lain. Hal itu tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Adanya teknik marketing online ini sedikit banyak membantu.


Langkah marketing online untuk pemula yang pertama adalah kamu perlu memasang iklan digital di platform media sosial, lalu biarkan konten itu bisa dinikmati oleh semua kalangan secara bebas. Mungkin kamu hanya membutuhkan biaya untuk internet dan jasa teknisi sosial media saja. Namun, tentu lebih terjangkau dan praktis daripada marketing offline yang biayanya terus membengkak.


3. Berinteraksi dengan Konsumen dan Mengukur Performa Produk

Lewat sosial media juga, kamu bisa berinteraksi langsung dengan konsumen. Karena tentu banyak konsumen yang bermain sosial media, mereka pun akan dengan senang hati meninggalkan komentar atau ulasan tentang produk di platform tersebut. Dari situ, kamu juga bisa loh mengukur performa produk! Jadi, sangat praktis, bukan?


4. Menerapkan Berbagai Strategi Marketing

Di platform sosial media, kamu bisa menerapkan banyak sekali strategi marketing online yang menarik. Kamu bisa berkreasi sebebas mungkin untuk menarik perhatian orang-orang di sana. Hal ini bisa menjadi peluang namun juga tantangan, bagaimana kamu yang sedang menerapkan marketing online untuk pemula bisa membuat konten promosi sekaligus bisa branding produk dalam satu waktu.





Tips Mudah Memulai Marketing Online


1. Melakukan Riset

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset. Sosial media sebagai platform utama dalam teknik marketing online, punya banyak fitur yang bisa dijadikan bahan riset. Kamu bisa melihat bagaimana reaksi para konsumen, tanggapan tentang produk, tren yang sedang terjadi, dan lain sebagainya. Dari riset itu, kamu nantinya bisa membuat strategi marketing online yang tepat.


2. Membuat Konten Marketing Online

Selanjutnya adalah mengembangkan hasil riset yang telah kamu lakukan menjadi sebuah konten menarik. Dari hasil riset, kamu bisa menarik kesimpulan, kira-kira hal apa yang sedang menjadi tren dan bisa dipadukan dengan konsep promosi produk milikmu. Nah, di sini kreativitas sangat dibutuhkan agar konten yang dihasilkan bisa menarik perhatian.


3. Mengoptimalkan Platform Media Sosial

Tips penting marketing online untuk pemula adalah mengoptimalkan platform media sosial. Kamu bisa melihat banyak tren dan gaya terbaru di sana, lalu setelah dirasa kamu punya konten yang bagus, segera posting dan lihat reaksi konsumen. Kamu bisa juga berinteraksi dengan konsumen lewat berbalas komentar, loh! Dengan begitu, branding produk akan lebih interaktif dan efektif.


Karena tren media sosial yang terus naik, maka tidak salah jika marketing online lebih dilirik. Karena banyak orang menghabiskan waktu di sosial media, yang artinya jika promosi dilakukan di sana, produk akan bisa terlihat oleh orang-orang. Yang bisa berdampak pada nilai penjualan dan branding produk. Jadi, jangan takut untuk memulai marketing online, ya!



28 tampilan0 komentar
bottom of page