top of page
  • Gambar penuliskamukerja

Kamu Mulai Belajar Marketing Online? Simak Tips dan Triknya Berikut Ini!



Di tengah era serba digital seperti ini, tren marketing online mulai merebak. Banyak produsen dan pemilik jasa yang memilih platform online sebagai pusat promosi atau marketing mereka. Pun dengan naiknya frekuensi penggunaan sosial media di kalangan masyarakat. Melihat fakta lapangan itu, sudahkan kamu tertarik untuk mulai belajar marketing online? Kalu iya, simak tips dan triknya di artikel ini.


Pentingnya Marketing Online


Sebenarnya, seberapa pentingkah marketing online untuk saat ini? Jawaban pertanyaan itu sudah terlihat jelas, sangat penting. Digitalisasi di segala aspek juga mendorong teknik marketing tersebut kian dilirik. Karena saat ini sudah banyak orang yang lebih suka berinteraksi di sosial media, apapun itu. Terlebih dengan adanya platform belanja online.

Maka, dirasa marketing online sangat cocok diterapkan dewasa ini. Apalagi, kelebihan marketing online adalah lebih praktis, efektif, dan interaktif. Praktis karena dengan mengunggah sekali konten promosi, maka semua orang dari penjuru dunia bisa melihatnya secara bebas. Sementara, jika kita menerapkan marketing konvensional, hal itu tidak mungkin terjadi.


Kedua, dinilai lebih efektif karena kamu bisa membuat konten promosi sekaligus branding produk. Jadi, kamu tidak hanya menjual, namun juga memperkenalkan kepada semua orang produk milikmu secara kreatif. Kelebihan terakhir dari mulai belajar marketing online adalah interaktif, yang mana kamu bisa belajar berinteraksi langsung dengan konsumen lewat platform yang digunakan.


Jadi, kamu bisa dengan mudah melihat bagaimana tanggapan serta ulasan mereka terhadap sebuah produk. Selain itu, kamu juga bisa melihat tren yang ada. Sangat menarik, bukan? Maka dari itu, kini tidak hanya kelihaian berbisnis saja, kemampuan marketing online seperti ini pun bisa menjadi penentu kesuksesan bisnis.





Tips dan Trik Marketing Online Untuk Pemula


1. Melakukan Riset

Ada banyak hal menarik dari platform online, apapun itu. Mulai dari media sosial, website, hingga platform belanja online. Yaitu, kamu bisa melakukan riset dari semua platform tersebut. Kamu bisa melihat bagaimana orang-orang mengulas produk dari sosial media, baik itu ulasan bagus hingga kritik yang tajam. Tidak lupa, kamu juga bisa melihat tren terkini dari platform semacam itu.


Kamu mulai belajar marketing online dengan melihat seberapa besar orang tertarik dengan sebuah produk dari pengunjung websitenya. Juga, kamu akan lebih dalam lagi tahu tentang tingkat penjualan, rating produk, hingga ulasan para konsumen di platform belanja online. Dari hasil riset itu, kamu akan lebih paham bagaimana konsumen memandang sebuah produk.


2. Membuat Strategi Marketing Online

Dari hasil riset yang sudah kamu lakukan, kamu bisa belajar membuat strategi marketing online yang tepat. Kamu pasti mendapatkan gambaran kasar bagaimana konsumen memandang produk milikmu. Bagaimana tanggapan, ulasan, serta kritik mereka terhadap produk tersebut.


Nah, dari situ, kamu akan tahu kira-kira kamu butuh strategi yang macam apa. Apakah kamu akan mulai belajar marketing online dengan mengikuti tren, membuat gebrakan baru, atau melibatkan konten menarik yang segar. Sangat penting untuk bisa menemukan strategi marketing online yang pas, yang diharapkan bisa mendatangkan keuntungan di kemudian hari.


3. Membuat Konten Menarik

Selanjutnya, kamu akan membuat konten untuk keperluan marketing online. Baik itu berbentuk tulisan, foto, maupun video, kamu harus membuatnya sekreatif mungkin. Kamu bisa menggabungkan konten marketing dengan tren yang sedang ramai di sosial media. Dengan begitu, banyak orang yang akan semakin tertarik dengan produk yang dipromosikan tersebut.


4. Mengoptimalkan Platform Marketing Online

Kini, platform media sosial seperti menjadi magnet bagi banyak orang. Dari situ, kemudian muncul peluang untuk mengoptimalkannya sebagai tempat marketing online yang menguntungkan. Ada pula beberapa platform yang mendukung marketing online seperti Google Ads, Facebook, HubSpot, dan Ahrefs yang bisa kamu manfaatkan pula.


5. Melakukan Trial dan Error

Ketika menerapkan sebuah strategi marketing online, trial dan error ada baiknya dilakukan pula. Buat sebuah timeline yang jelas. Mulai jalankan strategi pertama, dan lihat tanggapan konsumen terhadap strategi tersebut. Jika dirasa berhasil, maka bisa dilanjutkan dan dikembangkan. Jika sebaliknya, maka perlu adanya pembenahan di strategi yang dilakukan.


6. Terus Belajar dan Ikuti Kelas Marketing Online

Penting untuk selalu belajar, sehebat apapun kamu, tetap butuh yang namanya belajar. Terlebih tren media sosial dan marketing online sangat cepat berubah. Kamu harus selalu update dan belajar hal yang baru. Jika kamu sedang mulai belajar marketing online, kamu juga bisa coba ikuti berbagai kelasnya, loh! Di sini, di KamuKerja tersedia berbagai materi dan pengetahuan tentang bidang marketing online yang bisa kamu akses kapan saja, dimana saja.


Karena marketing online semakin berkembang, ada baiknya jika kamu juga mempelajari hal ini sebelum memulai usaha. Karena sekarang, zaman sudah serba digital, teknik marketing semacam ini dirasa yang paling cocok untuk saat ini. Dengan tren yang terus berubah pun, marketing online bisa disesuaikan. Jadi, jangan takut untuk mulai belajar, ya!


24 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page